Blog

Manfaat Makan Bersama

Kapan terakhir Anda makan bersama keluarga? Kesibukan masing-masing anggota keluarga terkadang membatasi waktu untuk sekadar bisa makan bersama. Padahal, banyak sekali manfaat dari berkumpul dan makan bersama keluarga ini.

Makan bersama bukan sekadar urusan rutinitas mengisi perut. Ada banyak detail menarik lain yang bisa disajikan dari kebersamaan di meja makan ini. Sejumlah penelitian memfokuskan sisi manfaat kegiatan makan bersama, baik dari aspek nutrisi maupun aspek psikologi dan aspek kehidupan sosial seluruh anggota keluarga.

Sebuah riset terbaru yang diterbitkan oleh The National Center on Addiction and Substance Abuse di Columbia University melaporkan adanya hubungan positif antara kegiatan makan bersama dan sejumlah kenakalan remaja, termasuk masalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan minuman keras serta merokok pada anak-anak.

“Survei yang dilakukan menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih sering makan malam dengan orang tua mereka memiliki kemungkinan kecil untuk merokok, minum minuman keras, dan menggunakan obat-obatan terlarang,” kata Joseph Anthony Califano, Direktur CASA.

Makan malam bersama keluarga merupakan kesempatan ideal untuk memperkuat ikatan di antara seluruh anggota keluarga. Remaja yang lebih sering menghabiskan waktu makan bersama keluarga cenderung memiliki kedekatan yang lebih tinggi dengan kedua orang tua mereka.

Ini menjadi kesempatan juga bagi orang tua untuk mendengarkan anak-anak mereka. Remaja yang lebih sering “curhat” saat makan bersama inilah yang memiliki kecenderungan untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan berbagai kenakalan remaja lainnya.

Sebelumnya, sebuah penelitian di University of Illinois juga mengaitkan antara makan bersama dan kecerdasan anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak usia 7-11 tahun yang mendapatkan nilai buruk pada tes di sekolah mereka cenderung jarang terlibat dalam makan besama keluarga.

Anak prasekolah yang makan bersama keluarga juga memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik. Saat makan bersama, percakapan di antara anggota keluarga membantu anak memiliki keterampilan berkomunikasi yang lebih baik dan tata krama yang jauh lebih baik.

 

(Source)

No Comment

0

Post A Comment